Pengaruh Gaya Hidup dan Brand Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Barang Thrifting di Yogyakarta
PDF

Keywords

brand produk
gaya hidup
keputusan pembelian
thrifting

How to Cite

Ruas, Z. L., & Abdurrahman, A. (2023). Pengaruh Gaya Hidup dan Brand Produk terhadap Keputusan Pembelian Produk Barang Thrifting di Yogyakarta. Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM), 1(4), 37–50. https://doi.org/10.63901/ijebam.v1i4.22

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui hubungan pengaruh gaya hidup dan brand produk terhadap keputusan pembelian produk barang thrifting di Yogyakarta yang diukur menggunakan indikator berikut: Aktivitas, minat, opini, ingatan konsumen terhadap merek, ciri-ciri karakter produk, dan keunikan desain produk. Variabel keputusan pembelian sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan 70 responden/orang yang pernah membeli dan menggunakan produk barang Thrifting di Yogyakarta. Hasil pengujian hipotesis secara keseluruhan uji simultan membuktikan bahwa hipotesis gaya hidup dan brand produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan signifikansi < 0,05. Selain itu, berdasarkan uji independent t-test, dapat diketahui bahwa variabel gaya hidup dan brand produk memiliki pengaruh positif terhadap keputusan pembelian  produk barang Thrifting di Yogyakarta dengan hasil t hitung > df= 1,989.

https://doi.org/10.63901/ijebam.v1i4.22
PDF

References

Badan Pusat Statistik (2016) Statistik Industri Manufaktur Indonesia 2014. Jakarta. Tersedia pada: https://www.bps.go.id/publication/2016/06/24/e0f56dd9f302fb4518b1c639/statistik-industri-manufaktur-indonesia-2014.html.

Engel, J.F., Blackwell, R.D. dan Miniard, P.W. (1994) Perilaku Konsumen. 6 ed. Diedit oleh Budijanto. Jakarta: Binarupa Aksara.

Ghozali, I. (2018) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. 9 ed. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Howard, J.A. (1989) Consumer Behavior in Marketing Strategy. Englewood Cliffs: Prentice Hall.

Kertajaya, H. et al. (2005) Positioning, Diferensiasi, dan Brand. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Kotler, P. dan Armstrong, G. (2014) Principles of Marketing. 15 ed. Essex: Pearson Education Limited.

Kotler, P. dan Keller, K.L. (2009) Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. 15 ed. London: Pearson Education Limited.

Lin, L.-Y. dan Shih, H.-Y. (2012) “The Relationship of University Student’s Lifestyle, Money Attitude, Personal Value and their Purchase Decision,” International Journal of Research in Management, 1(2001), hal. 19–37.

Mahanani, E. dan Alam, I.K. (2022) “Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Pelanggan D’besto Cabang Darmaga Caringin Bogor, Jawa Barat,” Jurnal Akuntansi dan Manajemen, 19(1), hal. 11–21. Tersedia pada: https://doi.org/10.36406/jam.v19i01.550.

Permata, N.S. dan Asih, A.M.S. (2020) “Identifikasi Atribut – Atribut yang Paling Berpengaruh Dalam Memprediksi Tren Fashion,” in Prosiding Seminar Nasional Teknik Industri Universitas Gajah Mada. Yogyakarta: Departemen Teknik Mesin Dan Industri FT UGM, hal. 99–103. Tersedia pada: https://repository.ugm.ac.id/276405/.

Sadya, S. (2023) Impor Pakaian Bekas Indonesia Mencapai 26,22 Ton pada 2022, DataIndonesia.id. Tersedia pada: https://dataindonesia.id/sektor-riil/detail/impor-pakaian-bekas-indonesia-mencapai-2622-ton-pada-2022 (Diakses: 21 Mei 2023).

Virano, A.A., Winarto dan Andadari, R.K. (2008) “Penerapan Bentler And Speckart Model dalam Keputusan Pembelian Pakaian Bekas,” in National Conference on Management Research. Makassar, hal. 1–12.

Yulindo, K.P. (2013) “Pengaruh Atribut-atribut produk terhadap Keputusan Pembelian Green Product Cosmetics Sariayu Martha Tilaar,” Jurnal Manajemen, 2(1).

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Zulfansyah La Ruas, Agus Abdurrahman