Niat Menggunakan Bank Syariah Indonesia: Studi pada Perguruan Tinggi Islam di Yogyakarta
PDF

Keywords

kesadaraan
literasi keuangan
niat menggunakan
sikap

How to Cite

Pratama, Y., & Sumadi. (2023). Niat Menggunakan Bank Syariah Indonesia: Studi pada Perguruan Tinggi Islam di Yogyakarta. Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM), 1(6), 86–98. https://doi.org/10.63901/ijebam.v1i6.39

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor mahasiswa/pelajar terhadap niat menggunakan Bank Syariah Indonesia. sampel dalam responden ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria responden mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah PLS-SEM dengan alat bantu software Smart-PLS. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh positif terhadap sikap pada Bank Syariah Indonesia, literasi keuangan berpengaruh positif terhadap Niat menggunakan pada Bank Syariah Indonesia, kesadaran berpengaruh positif terhadap sikap pada Bank Syariah Indonesia, kesadaran berpengaruh positif terhadap niat menggunakan pada Bank Syariah Indonesia, sikap berpengaruh positif terhadap niat menggunakan pada Bank Syariah Indonesia. Hasil penelitian ini diharapkan dapat membantu pihak yang bersangkutan untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi niat seseorang untuk menggunakan Bank Syariah Indonesia.

https://doi.org/10.63901/ijebam.v1i6.39
PDF

References

Astutik, Y. (2021) Jangan Remehkan! Begini Potensi Keuangan Syariah di RI, CNBC Indonesia. Tersedia pada: https://www.cnbcindonesia.com/syariah/20210527122909-29-248708/jangan-remehkan-begini-potensi-keuangan-syariah-di-ri (Diakses: 20 Agustus 2023).

Abdul Rahim, S.H., Hamed, A.B. dan Rosemaliza, A.R. (2016) “Islamic Financial Literacy and its Determinants among University Students: An Exploratory Factor Analysis,” Journal, 6(7), hal. 32–35.

Abdullah, M.A. dan Anderson, A. (2015) “Islamic Financial Literacy among Bankers in Kuala Lumpur,” Journal of Emerging Economies and Islamic Research, 3(2), hal. 79. Tersedia pada: https://doi.org/10.24191/jeeir.v3i2.9061.

Ajzen, I. (1991) “The theory of planned behavior,” Organizational Behavior and Human Decision Processes, 50(2), hal. 179–211. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/0749-5978(91)90020-T.

Albaity, M. dan Rahman, M. (2019) “The intention to use Islamic banking: an exploratory study to measure Islamic financial literacy,” International Journal of Emerging Markets, 14(5), hal. 988–1012. Tersedia pada: https://doi.org/10.1108/IJOEM-05-2018-0218.

Kaakeh, A., Hassan, M.K. dan Van Hemmen Almazor, S.F. (2019) “Factors affecting customers’ attitude towards Islamic banking in UAE,” International Journal of Emerging Markets, 14(4), hal. 668–688. Tersedia pada: https://doi.org/10.1108/IJOEM-11-2017-0502.

Muslichah, I. dan Sanusi, S. (2020) “The effect of religiosity and financial literacy on intention to use Islamic banking products,” Asian Journal of Islamic Management (AJIM), 1(2 SE-Articles), hal. 85–92. Tersedia pada: https://doi.org/10.20885/ajim.vol1.iss2.art2.

Pai, R.R. dan Alathur, S. (2019) “Determinants of individuals’ intention to use mobile health: insights from India,” Transforming Government: People, Process and Policy, 13(3/4), hal. 306–326. Tersedia pada: https://doi.org/10.1108/TG-04-2019-0027.

Pantari, E.D. dan Aji, H.M. (2020) “Investigating Muslim non-consumers’ intention to use Islamic bank: perceived social value (PSV) and awareness,” Jurnal Siasat Bisnis, 24(2 SE-Articles), hal. 187–198. Tersedia pada: https://journal.uii.ac.id/JSB/article/view/15978.

Saptasari, K. dan Aji, H.M. (2020) “Factors affecting Muslim non-customers to use Islamic bank: Religiosity, knowledge, and perceived quality,” Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 6(2 SE-Articles), hal. 165–180. Tersedia pada: https://doi.org/10.20885/jeki.vol6.iss2.art7.

Ulfa, A. (2021) “Dampak penggabungan tiga bank syariah di indonesia,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 7(2), hal. 1101–1106.

Utomo, S.B. et al. (2021) “Promoting Islamic financial ecosystem to improve halal industry performance in Indonesia: a demand and supply analysis,” Journal of Islamic Marketing, 12(5), hal. 992–1011. Tersedia pada: https://doi.org/10.1108/JIMA-12-2019-0259.

Wafa, M.A. (2017) “Hukum perbankan dalam sistem operasional bank Konvensional dan bank syariah,” Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(2), hal. 257–270.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Yogi Pratama, Sumadi