Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kualitas produk, brand image, negara asal, dan harga melalui sikap sebagai variabel mediasi terhadap minat beli pada pengguna sepeda motor merek vespa di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan menggunakan desain TRA (theory of reasoned action) yang melibatkan survei pada 224 pengguna sepeda motor merek vespa di Daerah Istimewa Yogyakarta melalui skala likert dengan rentang usia 18 sampai 60 tahun. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji regresi linear sederhana, uji regresi linear berganda, uji koefisien determinan (R2), uji signifikansi individual (Uji statistik T), uji signifikansi simultan (Uji statistik F) dan uji mediasi menggunakan software IBM SPSS Statistics 25. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan antara sikap dengan kualitas produk, brand image, negara asal dan harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli. Selain itu variabel mediasi yaitu sikap mampu memediasi hubungan antara kualitas produk, brand image, negara asal, dan harga terhadap minat beli.
References
Abdjul, R., Soegoto, A.S. dan Soepeno, D. (2018) “Analisis Pengaruh Inovasi Produk, Kualitas Pproduk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Nissan Grand Livina Pada PT .Wahana Wirawan Manado,” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4), hal. 3553–3562. Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/21659.
Ain, N. dan Ratnasari, R.T. (2015) “Pengaruh Citra Merek Melalui Sikap Konsumen Terhadap Niat Beli Ulang Pada Produk Busana Muslim Zoya di Surabaya,” Jurnal Ekonomi Syariah Teori dan Terapan, 2(7), hal. 553–569. doi:10.20473/vol2iss20157pp553-569.
Amador, A.A. (2012) PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP SIKAP KONSUMEN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MINAT BELI ULANG (Studi Kasus pada Semerbak Coffee Tembalang Semarang). Universitas Diponegoro. Tersedia pada: http://eprints.undip.ac.id/35794/.
Armi, M.R.S. (2015) Analisis Pengaruh Merek dan Negara Asal (Country Of Origin) Terhadap Sikap Konsumen Dalam Memilih Produk Handphone (Studi Kasus Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta). Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tersedia pada: https://eprints.ums.ac.id/35503/.
Binalay, A.G., Mandey, S.L. dan Mintardjo, C.M.O. (2016) “Pengaruh Sikap, Norma Subjektif Dan Motivasi Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Di Manado,” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(1), hal. 395–406. Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/11607.
Dinata, J.S., Kumadji, S. dan Hidayat, K. (2015) “COUNTRY OF ORIGIN DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERSEPSI KUALITAS DAN MINAT BELI (Survei pada Calon Konsumen yang Berminat Membeli iPad di Indonesia),” Jurnal Administrasi Bisnis, 25(1), hal. 1–8. Tersedia pada: https://www.neliti.com/publications/86116/country-of-origin-dan-pengaruhnya-terhadap-persepsi-kualitas-dan-minat-beli-surv#cite.
Gusriani, S. (2017) Pengaruh Merek dan Negara Asal (Country Of Origin) Terhadap Sikap Konsumen dalam Memilih Produk Cosmetic (Studi Kasus Pada Mahasiswa Ekstensi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara). Universitas Sumatera Utara. Tersedia pada: https://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/1188.
Hanifah, A. dan Rubiyanti, R.N. (2017) “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Sikap Konsumen Kosmetik Organik Melilea International Bandung the Influence of Product Quality Toward Consumers Attitude of International Melilea Organic Cosmetic : Study in Bandung,” in e-Proceeding of Management. Bandung: Universitas Telkom, hal. 772–780. Tersedia pada: https://openlibrary.telkomuniversity.ac.id/pustaka/files/123576/jurnal_eproc/pengaruh-kualitas-produk-terhadap-sikap-konsumen-kosmetik-organik-melilea-international-bandung.pdf.
Immawati, S.A. (2018) “Pengaruh Harga, Produk, Distribusi Dan Promosi Terhadap Sikap Konsumen Dan Minat Beli Pengguna Mobil Honda Brio Di Jabodetabek,” Jurnal Dinamika UMT, 3(1), hal. 71–80. Tersedia pada: https://jurnal.umt.ac.id/index.php/dinamika/article/view/1093.
Kotler, P. dan Armstrong, G. (2014) Principles of Marketing. 15 ed. Essex: Pearson Education Limited.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2006) Marketing Management. 12 ed. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2011) Manajemen Pemasaran. 12 ed. Jakarta: PT. Macanan Jaya Cemerlang.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. 15 ed. London: Pearson Education Limited.
Kurnianto, M. dan Widiyanto, I. (2015) “Pengaruh Etnosentrisme Konsumen, Persepsi Harga Dan Kemenarikan Atribut Terhadap Sikap Produk Dan Implikasinya Terhadap Keputusan Pembelian Di Indonesia,” Diponegoro Journal of Management, 4(4), hal. 1–13. Tersedia pada: https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/djom/article/view/13371.
Mandasari, K. (2011) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI KONSUMEN DALAM MEMILIH JASA PERHOTELAN (Studi kasus pada Hotel GRASIA Semarang). Universitas Diponegoro. Tersedia pada: http://eprints.undip.ac.id/26695/.
Mandasari, R.N.P.N. dan Nurcaya, I.N. (2013) “Pengaruh Sikap Konsumen Dan Norma Subyektif Terhadap Niat Beli Toyota Agya di Kota Denpasar,” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 2(11), hal. 1434–1448. Tersedia pada: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/5829/5615.
Maskur, F. (2020) Survei Ipsos : Minat Beli Motor Tinggi Saat Pandemi, Beli Mobil Masih Hati-hati, Bisnis.com. Tersedia pada: https://otomotif.bisnis.com/read/20201016/275/1306169/survei-ipsos-minat-beli-motor-tinggi-saat-pandemi-beli-mobil-masih-hati-hati (Diakses: 27 Juni 2023).
Moksaoka, I.M.W. dan Rahyuda, I.K. (2016) “Peran Brand Image dalam Memediasi Country of Origin terhadap Purchase Intention,” E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 5(3), hal. 1690–1716. Tersedia pada: https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/download/17236/13155.
Montolalu, I.T., Mandey, S.L. dan Poluan, J.G. (2018) “Analisis Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Kebutuhan Mencari Variasi Produk Dan Iklan Produk Pesaing Terhadap Keputusan Perpindahan Merek Dari Sabun Pembersih Wajah Pada Supermarket Grand Central Tomohon,” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4), hal. 2178–2187. Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/20959.
Pratama, A., Sepang, J.L. dan Tawas, H.N. (2018) “ANALISIS PERBANDINGAN DIFERENSIASI PRODUK DAN CITRA MEREK PADA PEMBELI PAKAIAN DI GIORDANO DAN POLO (STUDI KASUS DI MANADO TOWN SQUARE 1),” Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 6(4), hal. 3663–3672. Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/21891.
Pratama, R. (2020) Hasil Studi: Motor Bisa Kurangi Macet!, detikoto. Tersedia pada: https://oto.detik.com/berita/d-4912061/hasil-studi-motor-bisa-kurangi-macet (Diakses: 27 Juni 2023).
Schiffman, L.G., Kanuk, L.L. dan Wisenblit, J. (2010) Consumer Behavior. 10 ed. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
Sumitro (2016) “Analisis Kualitas Produk, Harga, Kepuasan Konsumen Pada Minat Membeli Ulang: Studi Kasus Pada Industri Kecil Di Labuhan Batu,” Jurnal Kewirausahaan dan Usaha Kecil Menegah, 1(1), hal. 37–40.
Swashta, B. dan Irawan (2008) Manajemen Pemasaran Modern. 2 ed. Yogyakarta: Liberty.
Wardhani, M.M.K. (2009) Analisis Pengaruh Sikap Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pemutih Wajah Pond’s Flawless White Dalam Iklan Versi Story Line Di Televisi. Universitas Sanata Dharma. Tersedia pada: http://repository.usd.ac.id/14182/.
Yang, H. dan Yoo, Y. (2004) “It’s all about attitude: revisiting the technology acceptance model,” Decision Support Systems, 38(1), hal. 19–31. doi:10.1016/S0167-9236(03)00062-9.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2022 Muhammad Daffa, Sumadi