Determinan Loyalitas Konsumen pada Almer Apparel
PDF

Keywords

kualitas produk
citra merek
harga
kepuasan konsumen
loyalitas konsumen

How to Cite

Arrafi, A. H. (2024). Determinan Loyalitas Konsumen pada Almer Apparel. Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM), 2(2), 38–48. https://doi.org/10.63901/ijebam.v2i2.58

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dan menganalisis kualitas produk, citra merek, dan harga terhadap kepuasan konsumen, serta menganalisis pengaruh kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen. Lokasi penelitian berada di Kota Yogyakarta tepatnya pada merek Almer Apparel. Populasi yang digunakan merupakan konsumen Almer Apparel di Indonesia. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini ialah purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 250 orang. Penelitian ini menggunakan metode SEM-PLS dengan bantuan software SmartPLS 3. Hasil penelitian menunjukkan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Citra merek berpengaruh positif dan signifikan kepuasan dan loyalitas konsumen. Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signfikan terhadap loyalitas konsumen.

https://doi.org/10.63901/ijebam.v2i2.58
PDF

References

Amalia, N. (2019) “Pengaruh Citra Merek, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Mie Endess di Bangkalan),” Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 6(2), hal. 96–104. Tersedia pada: https://eco-entrepreneur.trunojoyo.ac.id/jsmb/article/view/6688.

Andrian, W. dan Fadillah, A. (2021) “Pengaruh Citra Merek, Pengalaman Merek, Dan Nilai Pelanggan Terhadap Kepuasan Pelanggan Airasia,” Jurnal Ilmiah Pariwisata Kesatuan, 2(1), hal. 53–60. Tersedia pada: https://doi.org/10.37641/jipkes.v2i1.586.

Anggraini, F. dan Budiarti, A. (2020) “Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek,” Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE), 8(3), hal. 86–94. Tersedia pada: https://doi.org/10.26740/jupe.v8n3.p86-94.

Cesariana, C., Juliansyah, F. dan Fitriyani, R. (2022) “Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace: Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran),” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), hal. 211–224. Tersedia pada: https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.867.

Darmansah, A. dan Yosepha, S.Y. (2020) “Pengaruh Citra Merek dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian Online pada Aplikasi Shopee di Wilayah Jakarta Timur,” Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 1(1), hal. 15–30. Tersedia pada: https://jom.universitassuryadarma.ac.id/index.php/jimen/article/view/2.

Fandiyanto, R. dan Kurniawan, R.E. (2019) “Pengaruh Kepercayaan Merek dan Citra Merek terhadap Minat Beli Ulang ‘Kopi Toraja’ di Coffee Josh Situbondo,” Jurnal Ilmiah Ecobuss, 7(1), hal. 21–42. Tersedia pada: https://ejournal.upm.ac.id/index.php/ecobuss/article/view/346.

Farisi, S. dan Siregar, Q.R. (2020) “Pengaruh Harga dan Promosi Terhadap Loyalitas Pelanggan Pengguna Jasa Transportasi Online di Kota Medan,” Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 3(1), hal. 148–159. Tersedia pada: https://doi.org/10.30596/maneggio.v3i1.4941.

Fasha, H.F. dan Madiawati, P.N. (2019) “Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening Produk Zara di Kota Bandung,” in eProceedings of Management. Bandung: Universitas Telkom, hal. 4060–4080. Tersedia pada: https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/management/article/view/9449.

Finthariasari, M., Ekowati, S. dan Krisna, R. (2020) “PENGARUH KUALITAS PRODUK, DISPLAY LAYOUT, DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN,” Ekombis Review: Jurnal Ilmiah Ekonomi dan Bisnis, 8(2), hal. 149–159. Tersedia pada: https://doi.org/10.37676/ekombis.v8i2.1081.

Gulla, R., Oroh, S.G. dan Roring, F. (2015) “ANALISIS HARGA, PROMOSI, DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA HOTEL MANADO GRACE INN,” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(1), hal. 1313–1322. Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/8297.

Handayani, N.U. dan Purnika, M.A. (2015) “Penilaian Product Position Bagi Brand Pakaian NIKE dan Adidas Berdasarkan Persepsi Konsumen,” in Seminar Nasional IENACO – 2015. Sukoharjo: Universitas Muhammadiyah Surakarta, hal. 549–556. Tersedia pada: https://publikasiilmiah.ums.ac.id/xmlui/handle/11617/5906.

Hernikasari, I., Ali, H. dan Hadita, H. (2022) “Model Citra Merek melalui Kepuasan Pelanggan Bear Brand: Harga dan Kualitas Produk,” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 3(3), hal. 329–346. Tersedia pada: https://doi.org/10.31933/jimt.v3i3.837.

Ibrahim, M. dan Thawil, S.M. (2019) “Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Konsumen,” Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 4(1), hal. 175–182. Tersedia pada: https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=915089&val=10544&title=PENGA.

Imron (2019) “Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang,” Indonesian Journal on Software Engineering, 5(1), hal. 19–28. Tersedia pada: https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/khatulistiwa/issue/archive/index.php/ijse/article/view/5861.

Kotler, P. dan Armstrong, G. (2014) Principles of Marketing. 15 ed. Essex: Pearson Education Limited.

Lasander, C. (2013) “Citra Merek, Kualitas Produk, Dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makanan Tradisional,” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3), hal. 284–293. Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2024.

Lesmana, R. dan Ratnasari (2019) “PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PT. RADEKATAMA PIRANTI NUSA,” Jurnal Pemasaran Kompetitif, 2(2), hal. 115–129.

Miati, I. (2020) “Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Pembelian Kerudung Deenay (Studi pada Konsumen GEA Fashion Banjar),” Abiwara : Jurnal Vokasi Administrasi Bisnis, 1(2), hal. 71–83. Tersedia pada: https://ojs.stiami.ac.id/index.php/ABIWARA/article/view/795.

Nauly, C. dan Saryadi, S. (2021) “Pengaruh Brand Image dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Konsumen melalui Kepuasan Konsumen (Studi Pada J.Co Donuts & Coffee Java Supermall Kota Semarang),” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(2), hal. 974–983. Tersedia pada: https://doi.org/10.14710/jiab.2021.28800.

Normasari, S., Kumadji, S. dan Kusumawati, A. (2013) “PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN, CITRA PERUSAHAAN DAN LOYALITAS PELANGGAN Survei pada Tamu Pelanggan yang Menginap di Hotel Pelangi Malang,” Jurnal Administrasi Bisnis, 6(2), hal. 1–9. Tersedia pada: https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=189713&val=6468&title=PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN CITRA PERUSAHAAN DAN LOYALITAS PELANGGAN Survei padaTamu Pelanggan yang Menginap di Hotel Pelangi Malang.

Prastiwi, E.S. dan Rivai, A.R. (2022) “Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Persepsi Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Pelanggan,” SEIKO : Journal of Management & Business, 5(1), hal. 244–256. Tersedia pada: https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/seiko/article/view/1556.

Sapitri, E., Sampurno, S. dan Hayani, I. (2020) “Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan (Studi Kasus Pelanggan Minyak Telon Cussons Baby di DKI Jakarta),” Jurnal MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, 4(2), hal. 231–240. Tersedia pada: https://www.jurnalmandiri.lkd-pm.com/index.php/mandiri/article/view/150.

Sari, P.S. dan Salmah, N.N.A. (2020) “Citra Merek, Kualitas Produk, Harga dan Pengaruhnya terhadap Minat Beli Baju Karate Merek Arawaza di Kota Palembang,” Ekonomis: Journal of Economics and Business, 4(2), hal. 411–418. Tersedia pada: http://ekonomis.unbari.ac.id/index.php/ojsekonomis/article/view/184.

Satria, A.A. (2017) “Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada Perusahaan A-36,” Jurnal Performa : Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 2(1), hal. 45–46. Tersedia pada: https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/436.

Smith, T.A. (2020) “The role of customer personality in satisfaction, attitude-to-brand and loyalty in mobile services,” Spanish Journal of Marketing - ESIC, 24(2), hal. 155–175. Tersedia pada: https://doi.org/10.1108/SJME-06-2019-0036.

Supertini, N.P.S., Telagawati, N.L.W.S. dan Yulianthini, N.N. (2020) “Pengaruh kepercayaan dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Pusaka Kebaya di Singaraja,” Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1), hal. 61–73. Tersedia pada: https://doi.org/10.23887/pjmb.v2i1.26201.

Sustiyatik, E. dan Setiono, B.A. (2019) “Effect on Product, Price, Promotion, and Place to Consumer Loyalty,” Jurnal Aplikasi Pelayaran dan Kepelabuhan, 10(1), hal. 75–84. Tersedia pada: https://doi.org/10.30649/japk.v10i1.25.

Sutra, A. (2021) “PENGARUH CITRA MEREK, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN PADA PENGGUNA KARTU TELKOMSEL (Studi pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Bengkulu),” Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains (JEMS), 2(2), hal. 209–226. Tersedia pada: https://doi.org/10.36085/jems.v2i2.1559.

Todar, M.P., Tumbel, A. dan Jorie, R.J. (2020) “Pengaruh Persepsi Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Galon Merek AQUA,” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 8(3), hal. 134–143. Tersedia pada: https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/emba/article/view/29546.

Weenas, J.R.S. (2013) “KUALITAS PRODUK, HARGA, PROMOSI DAN KUALITAS PELAYANAN PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SPRING BED COMFORTA,” Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4), hal. 607–618. Tersedia pada: https://doi.org/2303-1174.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Akmal Hanif Arrafi