Pengaruh Citra Merek, Keakraban Merek, dan Kualitas Merek terhadap Minat Beli pada Private Label Brand dengan Harga sebagai Variabel Intervening: Studi Kasus Konsumen Private Label Brand di Cluwak, Pati
PDF

Keywords

private label brand Indomaret
citra merek
keakraban merek
kualitas merek
harga
minat beli

How to Cite

Berlyanta, M. F. (2023). Pengaruh Citra Merek, Keakraban Merek, dan Kualitas Merek terhadap Minat Beli pada Private Label Brand dengan Harga sebagai Variabel Intervening: Studi Kasus Konsumen Private Label Brand di Cluwak, Pati. Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM), 2(2), 11–22. https://doi.org/10.63901/ijebam.v2i2.52

Abstract

Indomaret merupakan salah satu minimarket yang memiliki produk private label brand. Produk private label brand menjadi salah satu strategi bersaing di pasar. Faktanya tidak semua konsumen mengetahui produk private label brand Indomaret, atau kebanyakan harga yang Indomaret tawarkan tidak sesuai standar para konsumen. Penelitian ini kuantitatif menggunakan analisis data Smart-PLS dengan software Smartpls 4.0. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 responden dari masyarakat Pati, Jawa Tengah, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan jika citra merek, keakraban merek, dan kualitas merek berpengaruh positif signifikan terhadap harga. Harga berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli produk private label brand. Selain itu, citra merek dan keakraban merek berpengaruh terhadap minat beli, dengan harga sebagai variabel intervening. Namun untuk harga tidak dapat memediasi kualitas merek terhadap minat beli produk private label brand Indomaret.

https://doi.org/10.63901/ijebam.v2i2.52
PDF

References

Achsan, M. Z., & Dhewi, T. S. (2018). Pengaruh Citra Toko Terhadap Minat Beli Melalui Persepsi Kualitas Pada Produk Private Label (Studi Pada Konsumen Salon Rudy Hadisuwarno Jalan Simpang Gajayana). Ekonomi Bisnis, 23(2), 75–80.

Aeni, F., Hidayat, M., & Fitriany, F. (2023). Pengaruh Motivasi Konsumen, Persepsi Harga, Persepsi Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Private Label. The Manusagre Journal, 1(2), pp. 216–230.

Afifah, S. N. (2019). Pengaruh Citra Toko Dan Persepsi Harga Terhadap Minat Beli Produk Private Label Lotte Yang Dimediasi Oleh Variabel Persepsi Risiko (Studi Pada Konsumen Lotte Grosir Di Lampung Tahun 2018). Skripsi: Universitas Lampung, Bandar Lampung. http://digilib.unila.ac.id/id/eprint/55870

Chairy, C., & Alam, M. E. N. (2019). The Influence of Environmental Concern, Green Perceived Knowledge, and Green Trust on Green Purchase Intention. Jurnal Manajemen, 10(2), pp. 131-145. https://doi.org/10.32832/jm-uika.v10i2.2431

Damayanti, E. (2019). Tinjauan Hukum Islam terhadap Eksistensi Minimarket Alfamart dan Indomaret di Indonesia. Az-Zarqa’: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 11(2), pp. 221-244

Damayanti, R. H. (2021). Peran Harga Sebagai Variabel Mediasi Dalam Hubungan Antara Kualitas Produk, Promosi, Dengan Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada PT. Indosat Tbk). Skripsi: Universitas Islam Sultan Agung, Semarang.

Durianto, D., Sugiarto, & Budiman, L.J. (2004). Brand Equity Ten: Strategi Memimpin Pasar. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Furrahmi, R., & Chan, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Merek, Keakraban Merek, Dan Pengalaman Merek Terhadap Keterikatan Merek Pada Konsumen Sepeda Motor Yamaha Di Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 3(2), pp. 22-35.

Ikhsani, K., & Hudaya, A. (2020). Model Niat Pembelian Kembali: Analisis Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, dan Loyalitas Merek (Studi Kasus Produk Private Label Pada Toko Alfamidi Di Kota Tangerang). Jurnal Perspektif Manajerial Dan Kewirausahaan (JPMK), 1(1), 1–14.

Kakkos, N., Trivellas, P., & Sdrolias, L. (2015). Identifying drivers of purchase intention for private label brands. Preliminary evidence from Greek consumers. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 175, 522–528.

Kotler, P. (2002). Marketing places. Simon and Schuster.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). Pearson Education.

Kotler, P. T., & Lee, N. R. (2009). Up and out of poverty: The social marketing solution. Pearson Prentice Hall.

Kurniawan, A. R. (2018). Dasar-Dasar Marketing: Segala Hal Tentang Marketing dan Sales. Yogyakarta: Quadrant.

Millington, G. W. M., Collins, A., Lovell, C. R., Leslie, T. A., Yong, A. S. W., Morgan, J. D., Ajithkumar, T., Andrews, M. J., Rushbook, S. M., & Coelho, R. R. (2018). British Association of Dermatologists’ guidelines for the investigation and management of generalized pruritus in adults without an underlying dermatosis, 2018. British Journal of Dermatology, 178(1), 34–60.

Pradana, D., Hudayah, S., & Rahmawati, R. (2017). Pengaruh harga kualitas produk dan citra merek BRAND IMAGE terhadap keputusan pembelian motor. Kinerja, 14(1), 16–23.

Roisah, R., & Riana, D. (2016). Telaah Hubungan Citra Merek, Kualitas Produk Dan Keputusan Pembelian Konsumen. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi Manajemen dan Bisnis, 4(1), pp. 100-107.

Runtunuwu, J. G., Oroh, S., & Taroreh, R. (2014). Pengaruh kualitas produk, harga, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengguna café dan resto Cabana Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(3).

Sampara, R. R. B. A., & Saputri, M. E. (2021). Pengaruh Harga Dan Penataan Produk Terhadap Minat Beli Produk Privat Label (studi Pada Indomaret Cabang Bojongsoang Bandung. eProceedings of Management, 8(2), pp. 1346-1351.

Sante, C., Suwu, E. A. A., & Kandowangko, N. (2023). Dampak Sosial Minimarket Terhadap Warung Kecil Di Desa Liwutung Kecamatan Pasan Kabupaten Minahasa Tenggara. Jurnal Ilmiah Society, 3(2).

Santoso, I., Mustaniroh, S. A., & Pranowo, D. (2018). Keakraban Produk dan Minat Beli Frozen Food: Peran Pengetahuan Produk, Kemasan, dan Lingkungan Sosial. Jurnal Ilmu Keluarga & Konsumen, 11(2), pp. 133-144.

Shinta, A. (2011). Manajemen Pemasaran. Malang: Universitas Brawijaya Press.

Siregar, R. K. (2015). Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Membangun Kesadaran Merek (Studi Kasus Private Label pada Fast Moving Consumer Goods Giant Ekstra Central Business District, Bintaro, Tangerang Selatan). Communication, 6(1), pp. 47-69.

Sugiyono (2016) Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.

Sundalangi, M., Mandey, S. L., & Jorie, R. J. (2014). Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 2(1), pp. 313-324.

Suryati, L. (2015). Manajemen Pemasaran: Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Suatu Strategi Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Yogyakarta: Deepublish.

Tjandrasa, B. B. (2010). Potensi Keuntungan Private Label serta Proses Pemilihan Produk dan Pemasoknya pada Bisnis Ritel. Jurnal Manajemen Maranatha, 6(1), pp. 35–40.

Tjiptono, F. (2008) Strategi Pemasaran. 3 ed. Yogyakarta: Andi Offset.

Vellina, V., & Nugroho, A. (2020). Pengaruh Visual Kemasan Pada Produk Private Label Minimarket Alfamart Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Titik Imaji, 3(1), pp. 51-59.

Venessa, I., & Arifin, Z. (2017). PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN (Survei pada Mahasiswa Program Studi Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Tahun Angkatan 2013/2014 dan 2014/2015 Pengguna Kartu Pra-B. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 51(1), pp. 44-48.

Wijayanti, R. F., Suharyono, S., & Suyadi, I. (2013). PENGARUH CITRA TOKO, VARIASI KUALITAS, PRODUCT SIGNATURENESS TERHADAP KUALITAS YANG DIPERSEPSIKAN DAN DAMPAKNYA PADA MINAT PEMBELIAN PRODUK PRIVATE LABEL BRANDS (Survai pada Konsumen “Inspired 27 Storeâ€). Profit: Jurnal Administrasi Bisnis, 7(1), pp. 76-86.

Wirayanthy, N., & Santoso, S. (2018). Pengaruh Harga, Citra Merek Dan Kualitas Terhadap Minat Beli Produk Private Label. JMD : Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), pp. 87-96.

Wulandari, R. D., & Iskandar, D. A. (2018). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Kosmetik. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT, 3(1), 11–18.

Zeithaml, V. A., Bitner, M. J., & Gremler, D. D. (2010). Services Marketing Strategy. In Sheth, J.N. & Malhotra, N.K. (Eds.), Wiley International Encyclopedia of Marketing (1st ed.). John Wiley & Sons Ltd., Hoboken, 208-218.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2023 Muhammad Faishal Berlyanta