Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing pada Produk Eiger di Cilegon
PDF

Keywords

inovasi produk
desain produk
kualitas produk
keunggulan bersaing

How to Cite

Al Fajari, I. Q. H., & Purnama, N. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Desain Produk dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing pada Produk Eiger di Cilegon. Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM), 1(4), 69–80. https://doi.org/10.63901/ijebam.v1i4.24

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sejauh mana pengaruh dari inovasi produk, desain produk dan kualitas produk terhadap keunggulan bersaing pada produk Eiger di Cilegon.Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 110 orang. Populasi dalam penelitian ini adalah orang-orang yang ada di kota Cilegon. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Inovasi Produk, Desain Produk dan Kualitas Produk secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing pada Eiger. Secara parsial variabel Inovasi Produk dan Desain Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing. Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing.

 

https://doi.org/10.63901/ijebam.v1i4.24
PDF

References

Christian, J. (2017) Pengaruh Kualitas Produk Dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada Clothing Our Bandung Style. Universitas Komputer Indonesia. Tersedia pada: http://repository.unikom.ac.id/54245/.

Jacobs, F.R. dan Chase, R.B. (2015) Manajemen Operasi dan Rantai Pasokan. 14 ed. Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, P. dan Armstrong, G. (2014) Principles of Marketing. 15 ed. Essex: Pearson Education Limited.

Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. 15 ed. London: Pearson Education Limited.

Lemmink, J. dan Kasper, H. (1994) “Competitive Reactions to Product Quality Improvements in Industrial Markets,” European Journal of Marketing, 28(12), hal. 50–68. Tersedia pada: https://doi.org/10.1108/03090569410074255.

Nandy (2022) Inovasi Produk: Pengertian, Tujuan, Manfaat, Contoh, dan Cara Melakukannya, Gramedia. Tersedia pada: https://www.gramedia.com/best-seller/inovasi-produk/ (Diakses: 4 Juni 2023).

Nasution, H.N. (2005) “Inovasi Organisasi: Konsep dan Pengukuran,” Manajemen Usahawan Indonesia, XXXIV(9).

Noviani, L. (2020) “Pengaruh Inovasi Produk, Kreativitas Produk, dan Kualitas Produk terhadap Keunggulan Bersaing (Studi Kasus pada Kerajinan Tikar Eceng Gondok ”Liar”),” JURNAL MANAJEMEN DANBISNIS (JUMANIS), 2(1), hal. 2076–2086. Tersedia pada: http://ejournal.lppm-unbaja.ac.id/index.php/jmb/article/view/982.

Suendro, G. (2010) “ANALISIS PENGARUH INOVASI PRODUK MELALUI KINERJA PEMASARAN UNTUK MENCAPAI KEUNGGULAN BERSAING BERKELANJUTAN (Studi Kasus pada Industri Kecil dan Menengah Batik Pekalongan),” Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 9(2), hal. 230–243. Tersedia pada: https://ejournal.undip.ac.id/index.php/jspi/article/view/14089.

Sugiyono (2016) Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta Bandung.

Suhaeni, T. (2018) “Pengaruh Strategi Inovasi Terhadap Keunggulan Bersaing di Industri Kreatif (Studi Kasus UMKM Bidang Kerajinan Tangan di Kota Bandung),” Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, 4(1), hal. 57–74. Tersedia pada: https://jurnal.polban.ac.id/ojs-3.1.2/an/article/view/992.

Tjiptono, F. (2015) Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV. Andi Offset.

Yamit, Z. (2007) Manajemen Produksi dan Operasi. Yogyakarta: Ekonisia.

Yuliana, S. (2014) “Pengaruh Inovasi dan Kualitas Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Pada PD Cap Ikan Tawes Cikoneng,” Artikel Ilmiah Universitas Siliwangi, hal. 1–13.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Imro’ul Qois Hisni Al Fajari, Nursya'bani Purnama