Abstract
PT. Mandiri Jogja Internasional atau yang biasa disebut MJOINT atau yang dikenal sebagai Bucini sebelumnya merupakan perusahaan rumahan yang mulai berdiri di sebuah garasi rumah yang terletak di sebuah desa yang berada di Kĕmantrèn Kotagede, Kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimera Yogyakarta. Komunikasi pemasaran digital merupakan suatu pendekatan pemasaran yang menggunakan berbagai media digital dan teknologi informasi untuk berinteraksi dengan customer, melakukan promosi dan layanan. Bucini sangat berupaya untuk mengikuti perkembangan zaman guna menunjang peningkatan pasar, perancangan strategi pemasaran digital untuk meningkatan nilai engagement, yang mana hal ini telah disampaikan Penulis pada pihak Bucini pada saat Magang berlangsung. Penulis telah memberikan beberapa strategi seperti merekrut media sosial specialist, memasang iklan online seperti pada Instagram Ads agar pengguna Instagram tertarik dan mengunjungi Instagram Bucini telah disampaikan. Strategi pemasaran digital yang disampaikan penulis mampu membantu menangani permasalahan dalam penjualan online Bucini.
References
Ahdiat, A. (2022) Indonesia Punya UMKM Terbanyak di ASEAN, Bagaimana Daya Saingnya?, databoks. Tersedia pada: https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/10/11/indonesia-punya-umkm-terbanyak-di-asean-bagaimana-daya-saingnya (Diakses: 31 Januari 2024).
Aini, R.A.N. (2018) STRATEGI PROMOSI PT. MANDIRI JOGJA INTERNASIONAL (MJOINT) DALAM MEMPERKENALKAN PRODUK KULIT MEREK BUCINI MELALUI WEBSITE DAN INSTAGRAM PADA TAHUN 2016-2018. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Tersedia pada: http://repository.umy.ac.id/handle/123456789/25373.
Basrowi dan Suwandi (2008) Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Bucini (tanpa tanggal a) Biyanti SS Satchel & Shoulder Bag, Bucini. Tersedia pada: https://bucini.id/product/biyanti-ss-satchel-shoulder-bag/ (Diakses: 31 Januari 2024).
Bucini (tanpa tanggal b) Bucinishop, Instagram. Tersedia pada: https://www.instagram.com/bucinishop/ (Diakses: 31 Januari 2024).
Chaffey, D. (2015) Digital Business and E-Commerce Management. New York: Pearson.
Effendy, A.A. dan Sunarsi, D. (2020) “Persepsi Mahasiswa Terhadap Kemampuan Dalam Mendirikan UMKM dan Efektivitas Promosi Melalui Online di Kota Tangerang Selatan,” Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Akuntansi, 4(3), hal. 702–714. Tersedia pada: https://journal.stiemb.ac.id/index.php/mea/article/view/571.
Firmansyah, M.A. (2020) Komunikasi Pemasaran. Diedit oleh Tim Qiara Media. Pasuruan: CV. PENERBIT QIARA MEDIA.
Helianthusonfri, J. (2012) Buku Pintar Facebook & Twitter Marketing. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.
Huda, M. dan Prasetyo, A. (2020) “EFEKTIVITAS PROMOSI MELALUI MEDIA SOSIAL PADA UMKM DI KABUPATEN KEBUMEN,” Jurnal Ekonomi dan Teknik Informatika, 8(1), hal. 14–24. Tersedia pada: https://e-journal.polsa.ac.id/index.php/jneti/article/view/126.
Kotler, P. dan Keller, K.L. (2016) Marketing Management. 15 ed. London: Pearson Education Limited.
Naufalin, L.R. (2020) “TANTANGAN PENGEMBANGAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) DI KABUPATEN BANYUMAS,” Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi (JEBA), 22(1), hal. 95–102. Tersedia pada: http://jp.feb.unsoed.ac.id/index.php/jeba/article/view/1567.
Priansa, D.J. (2017) Manajemen Pelayanan Prima: Fokus pada Organisasi Publik dan Peningkatan Kualitas Aparatur. Bandung: Alfabeta.
Rachmadewi, I.P. et al. (2021) “Analisis Strategi Digital Marketing pada Toko Online Usaha Kecil Menengah,” Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 7(2), hal. 121–128. Tersedia pada: https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/INTECH/article/view/3968.
Raharja, S.J. dan Natari, S.U. (2021) “PENGEMBANGAN USAHA UMKM DI MASA PANDEMI MELALUI OPTIMALISASI PENGGUNAAN DAN PENGELOLAAN MEDIA DIGITAL,” Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), hal. 108–123. Tersedia pada: https://doi.org/10.24198/kumawula.v4i1.32361.
Salsabila, M.K. (2023) Strategi Digital Marketing Bucini dalam Upaya Peningkatan Penjualan Produk. Universitas Islam Indonesia. Tersedia pada: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/46695.
Sari, C.D.M. dan Setiyana, R. (2020) “Sosialisasi Digital Marketing pada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM),” Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 2(1), hal. 63–73. Tersedia pada: https://doi.org/10.35308/baktiku.v2i1.2050.
Sukmasetya, P. et al. (2020) “Pemanfaatan Digital Marketing sebagai Media Pemasaran Global untuk Meningkatkan Penjualan Produksi pada Home Industry,” Community Empowerment, 5(2), hal. 28–35. Tersedia pada: https://doi.org/10.31603/ce.v5i2.3514.
Sutisna (2002) Perilaku Konsumen & Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wardani, D.A. (2019) PENERAPAN BAURAN PEMASARAN PADA PRODUK BUCINI. Universitas Islam Indonesia. Tersedia pada: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/18140.
Yusuf, R., Hendrayati, H. dan Wibowo, L.A. (2020) “PENGARUH KONTEN PEMASARAN SHOPEE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PELANGGAN,” Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(2), hal. 506–515. Tersedia pada: https://dinastirev.org/JMPIS/article/view/289.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2024 Difa Alif Nugraha