Abstract
Perkembangan teknologi mengubah bisnis perusahaan dengan efisiensi digitalisasi, seperti PLN yang beralih ke aplikasi PLN Mobile untuk layanan listrik, aplikasi ini bertujuan untuk meningkatkan jangkauan konsumen dan menyediakan layanan terkait jaringan listrik, termasuk transaksi pra bayar dan pasca bayar. PLN berhasil menghilangkan kantor fisik di beberapa kota seperti Surabaya, namun kendala muncul di daerah pedesaan karena masalah jaringan internet dan sumber daya manusia. Penelitian ini menerapkan technology acceptance model (TAM) dengan mempertimbangkan kegunaan, kemudahan penggunaan, sikap pengguna, minat pengguna teknologi, dan sudut pandang pengguna. Hasil analisis TAM diharapkan mampu mengatasi kendala penerimaan teknologi PLN Mobile dan mendukung strategi untuk meningkatkan penggunaan aplikasi ini, memberikan manfaat efisiensi layanan listrik bagi konsumen, serta memperkuat pelayanan PLN kepada konsumen.
References
Ajzen, I. dan Fishbein, M. (1980) Understanding Attitudes and Predicting Social Behavior. Englewood: Prentice-Hall.
Baabdullah, A.M. et al. (2019) “Consumer use of mobile banking (M-Banking) in Saudi Arabia: Towards an integrated model,” International Journal of Information Management, 44, hal. 38–52. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2018.09.002.
Blagoeva, K.T. dan Mijoska, M. (2017) “Applying TAM to Study Online Shopping Adoption Among Youth in the Republic of Macedonia,” in Management International Conference. Treviso: University of Primorska, Faculty of Management, Slovenia, Lomonosov Moscow State University, Moscow School of Economics, Russian Federation Juraj Dobrila University of Pula, Faculty of Economics and Tourism, Croatia Association for the Study of East Europ, hal. 543–554. Tersedia pada: http://hdl.handle.net/20.500.12188/5959.
Davis, F.D. (1989) “Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, and User Acceptance of Information Technology,” MIS Quarterly, 13(3), hal. 319–340. Tersedia pada: https://doi.org/10.2307/249008.
Davis Jr, F.D. (1986) A technology acceptance model for empirically testing new end-user information systems : theory and results. Massachusetts Institute of Technology. Tersedia pada: https://dspace.mit.edu/handle/1721.1/15192.
Elhajjar, S. dan Ouaida, F. (2020) “An analysis of factors affecting mobile banking adoption,” International Journal of Bank Marketing, 38(2), hal. 352–367. Tersedia pada: https://doi.org/10.1108/IJBM-02-2019-0055.
Hartono, J. (2007) Sistem Informasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi Offset. Tersedia pada: https://doi.org/978-979-29-0029-3.
Mardikaningsih, R. et al. (2023) Inovasi & Tren Layanan Digital Berbagai Sektor. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Moore, D.S., McCabe, G.P. dan Craig, B.A. (2017) Introduction to the Practice of Statistics. 9 ed. New York: W. H. Freeman.
PT PLN (Persero) UP3 Klaten Unit Layanan Pelanggan Rayon Tulung (2022) Laporan Bulanan PLN Mobile Juni 2022. Klaten.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright (c) 2023 Reima Sulistyowati Ahzahro