Pengaruh Strategi Inovasi Masa Pandemi COVID-19 terhadap Kinerja Operasional Airku Kulonprogo Yogyakarta
E-ISSN: 2988-0211
PDF

Keywords

strategi inovasi
kinerja operasional

How to Cite

Anugrah, A. (2023). Pengaruh Strategi Inovasi Masa Pandemi COVID-19 terhadap Kinerja Operasional Airku Kulonprogo Yogyakarta. Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM), 1(2), 54–66. https://doi.org/10.63901/ijebam.v1i2.11

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh strategi inovasi saat pandemi Covid-19 terhadap kinerja operasional Airku Kulonprogo Yogyakarta. Penelitian ini mengambil sampel dengan teknik total sampling yaitu semua populasi dijadikan sebagai sampel. Metode penelitian menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Variabel yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu variabel bebas strategi inovasi, sedangkan variabel terikatnya adalah kinerja operasional. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa strategi inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja operasional AirKu Kulonprogo. Semakin meningkat strategi inovasi maka dapat meningkatkan kinerja operasional. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien regresi strategi inovasi sebesar 0,579 Pada taraf signifikansi (p) 0,000 < 0,05.

https://doi.org/10.63901/ijebam.v1i2.11
PDF

References

Alifuddin, M. dan Razak, M. (2015) Kewirausahaan Teori dan Aplikasi: Strategi Membangun Kerajaan Bisnis. Revisi. Jakarta: MAGNAScript Publishing.

Anatan, L. dan Ellitan, L. (2006) Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Bisnis Modern. Bandung: CV. Alfabeta.

Cottam, A., Ensor, J. dan Band, C. (2001) “A benchmark study of strategic commitment to innovation,” European Journal of Innovation Management, 4(2), hal. 88–94. Tersedia pada: https://doi.org/10.1108/14601060110390594.

Dewantara, J.R. (2020) Gara-Gara Corona, Penjualan AirKu Anjlok, Harian Jogja. Tersedia pada: https://jogjapolitan.harianjogja.com/read/2020/08/13/514/1046972/gara-gara-corona-penjualan-airku-anjlok (Diakses: 27 Januari 2023).

Frambach, R.T. dan Schillewaert, N. (2002) “Organizational innovation adoption: a multi-level framework of determinants and opportunities for future research,” Journal of Business Research, 55(2), hal. 163–176. Tersedia pada: https://doi.org/https://doi.org/10.1016/S0148-2963(00)00152-1.

Handoko, T.H. (2016) Dasar-dasar Manajemen Produksi dan Operasi. 1 ed. Yogyakarta: BPFE.

Hardilawati, W.L. (2020) “Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19,” Jurnal Akuntansi & Ekonomika, 10(1), hal. 89–98. Tersedia pada: https://doi.org/doi.org/10.37859/jae.v10i1.1934.

Herlambang, C. (2013) Pengaruh Strategi Inovasi terhadap Kinerja Operasional pada UKM Tahu di Kelurahan Tidar Selatan Kecamatan Magelang Selatang Kota Magelang. Universitas Islam Indonesia.

Johne, A. (1999) “Successful market innovation,” European Journal of Innovation Management, 2(1), hal. 6–11. Tersedia pada: https://doi.org/10.1108/14601069910248838.

Lestari, R. (2021) 2022 Industri AMDK Diproyeksi Tumbuh 7 Persen, Bisnis Indonesia. Tersedia pada: https://bisnisindonesia.id/article/2022-industri-amdk-diproyeksi-tumbuh-7-persen (Diakses: 27 Januari 2023).

Mulyadi (2007) Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen: Sistem Pelipatganda Kinerja Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.

Nugraha, S.W. (2013) Kulonprogo Luncurkan Produk Lokal Air Minum Dalam Kemasan, Tribun Jogja. Tersedia pada: https://jogja.tribunnews.com/2013/10/19/kulonprogo-luncurkan-produk-lokal-air-minum-dalam-kemasan (Diakses: 27 Januari 2023).

Robertson (2002) Performance Measurement. Yogyakarta.

Salaman, G. dan Storey, J. (2002) “Managers’ Theories About the Process of Innovation,” Journal of Management Studies, 39(2), hal. 147–165. Tersedia pada: https://doi.org/https://doi.org/10.1111/1467-6486.00286.

Samson, D. dan Terziovski, M. (1999) “The Relationship Between Total Quality Management of Practices and Operational Performance,” Journal of Operations Management, 17(4), hal. 393–409. Tersedia pada: https://doi.org/10.1016/S0272-6963(98)00046-1.

Schroeder, R.G. (1996) Manajemen Operasi: Pengambilan Keputusan dalam Suatu Fungsi Operasi. 3 ed. Jakarta: Erlangga.

Swa (2005) “Jurus Sakti Bernama Inovasi,” 22.

Tiwari, R. dan Buse, S. (2007) The Mobile Commerce Prospects: A Strategic Analysis of Opportunities in the Banking Sector. Hamburg: Hamburg University Press.

Zahra, S.A. dan Das, S.R. (1993) “Innovation Strategy and Financial Performance in Manufacturing Companies: An Empirical Study,” Production and Operations Management, 2(1), hal. 15–37. Tersedia pada: https://doi.org/doi.org/10.1111/j.1937-5956.1993.tb00036.x.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Copyright (c) 2022 Anggiat Anugrah